Minggu, 28 Oktober 2012

Review Nokia Asha 302

Assalamualaikum. Hai. Berikut ini review singkat saya mengenai soulmate sehidup dan semati saya, karena ke manapun saya berada, ada benda ini di dekat saya. Hahaha *krik* baiklah, semoga posting ini bisa menjadi resensi ada dalam memilih Nokia Asha 302 ini sebagai soulmate anda. ;)

Spesifikasi Utama:
• Jaringan Quad Band GSM (850 / 900 / 1800 / 1900), Penta Band WCDMA (850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100)
• Layar TFT 2,4-inci, 240x320 piksel
• Prosesor 1 GHz ARM 11
• Memori internal 170 MB, 256 ROM, 128 RAM
• Sistem operasi Nokia s40
• Kamera 3.2 MP 2048x1536 piksel EDoF Focus
• Koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n
• Baterai 1430 mAh

Kelengkapan dalam Kotak
• Handset Asha 302
• Charger tipe AC 11E
• Headset tipe WH-102
• Micro SD 2GB (terdapat di dalam ponsel)
• Manual
• Kartu Garansi

















Desain dan Bodi
Jika melihat ponsel ini kita pasti teringat dengan ponsel smartphone Nokia E-series, yang juga memiliki desain klasik keyboard QWERTY dan sentuhan krom di sekeliling dan dibagian tertentu.Namun Asha 302 hampir seluruh Bodi terbuat dari plastik terkecuali bagian backdoor yang terbuat dari aluminium. Asha 302 tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti abu-abu, biru, merah, emas, dan putih seperti pada tes unit kami. Material yang digunakan cukup baik, sehingga tidak terkesan rentan dan murahan.
Asha 302 berdimensi 55.7 mm x 116.5 mm x 13.9 mm dan memiliki bobot 99 gram, cukup ringan dan mantap ketika digenggam. Terlebih dengan desain bagian belakang yang melengkung sisi-sisinya membuat telapak anda tidak sakit ketika menggenggam.
Pada bagian muka terdapat earpiece, layar TFT berukuran QVGA (320 x 240) 2,4-inci, tombol fungsi dan keyboard QWERTY khas Nokia. Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 3,2 MP dengan fokus EDoF, tanpa kehadiran flash serta terdapat satu buah speaker. Bagian belakang ini seperti yang sudah kami sebutkan diatas, backdoor terbuat dari aluminium yang memberi kesan kokoh dan desain premium.

Pada bagian atas ponsel terdapat tiga buah lubang, yaitu port charger 2 mm, port headset 3,5 mm, dan port microUSB. Pada bagian bawah dan sebelah kiri ponsel terlihat polos, tidak ada apa-apa, sedangkan pada bagian kanan ponsel terdapat sebuah slot untuk micro SD.


Antar Muka
Asha 302 menggunakan sistem operasi buatan Nokia yaitu s40. Oleh sebab itu tampilan sangat khas Nokia dan seperti yang ada di ponsel pendahulunya Nokia C3. Sistem operasi s40 tidak dapat melakukan multitasking, kecuali untuk radio dan music player.
Pada halaman utama terdapat berbagai shortcut home screen mode yang dapat dipersonalisasi sesuai keinginan yang juga bekerja semacam widget di smartphone. Memang jika menggunakan home screen mode ini layar anda akan terasa penuh, namun jika anda tidak menginginkannya anda dapat mematikan fitur ini sehingga foto yang anda pasang sebagai wallpaper dapat jelas terlihat.

  

Terdapat tiga buah menu dibagian bawah yaitu Go to, Menu, Names. Go to juga berisi berbagai jalan pintas ke menu-menu yang ada. Menu untuk masuk ke menu utama. Sedangkan Names berisi daftar kontak yang kita miliki.



Di bagian tombol fungsi terdapat dua tombol yang bergambar buku telepon (contacts key) dan amplop (messaging key). Kedua tombol ini dapat anda atur fungsinya sesuai pilihan yang disediakan.


Menu utama terdiri dari jejeran ikon berwarna-warni. Tampilan ikon ini dapat diubah menjadi tampilan list jika anda merubahnya di bagian option. Anda dapat juga mengatur posisi ikon menu-menu yang ada.


Contacts
Untuk contacts anda tidak perlu khawatir dengan jumlah penyimpanan, karena ponsel ini mampu menyimpan nomor telepon hingga berjumlah 1000 nomor. Tampilannya seperti seri s40 lain. Setiap kontak dapat diberikan berbagai informasi dan dapat juga diberikan ringtone khusus bahkan video untuk kontak tertentu. Jika anda merasa ukuran font terlalu kecil, anda dapat mengubah ke ukuran yang lebih besar di bagian pengaturan di dalam menu contacts.


Messaging
Asha 302 dapat menangani SMS, MMS, instant messaging, dan email. Salah satu kelebihan dari ponsel ini adalah dukungan akan Microsoft Exchange,sehingga membuat Asha 302 menjasi ponsel budget s40 pertama yang memiliki fitur ini. Sehingga anda dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi dengan email dan kalender.
Untuk SMS tampilan editor khas s40, mudah dimengerti dan cukup intuitif. Untuk mengirim MMS anda cukup memasukkan konten multimedia (gambar, suara, video, dll) ke dalam editor teks. Percakapan perpesanan ini tampil dengan gaya threading atau dengan tampilan inbox seperti pada umumnya.

Menu chat dapat anda temukan di sini yang berguna untuk berkirim pesan instan menggunakan berbagai pilihan layanan yang disediakan seperti Facebook, Google Talk, Windows Live Messenger, MyspaceIm, Ovi, Yahoo.

Menu mail berada diluar menu messaging dan mendukung fitur push notification sehingga anda akan menerima email secara real time layaknya SMS.


Photos
Menu ini berisi gabungan dari menu kamera, gallery, video kamera dan video. Untuk gallery, koleksi foto anda dapat ditampilkan secara keseluruhan, timeline, atau berdasarkan album. Anda dapat melakukan pilihan untu editing foto seperti rotate & flip, crop, effects, warp, add frame, add clip art, add text, auto enhance, brightness & contrast, colour. Anda dapat juga menampilkan koleksi foto anda lewat slideshow dengan berbagai efek transisi. Anda dapat juga langsung mengirim foto via message, mail, web atau via bluetooth.


Kamera
Asha 302 memiliki kamera yang beresolusi 3,2 MP 2048 x 1536 piksel berjenis EDoF yang baik untuk menangkap gambar secara keseluruhan dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Terdapat fitur-fitur seperti zoom (4x), frames, my photos, effects, video cam, white balance, self-timer, sequence, exposure, grid, setting, organise, default.



Hasil kamera baik untuk pengambilan dalam ruangan maupun luar ruangan terlihat baik. Untuk dalam ruangan, tidak terlihat banyak noise yang muncul, hasil juga terlihat cerah walaupun tidak terlalu tajam. Untuk luar ruangan juga hampir sama hasil terlihat cerah dan hangat namun terlihat kurang tajam.
Payangan dari atas bukit :)


Perekam Video
Kamera Asha 302 dapat melakukan perekaman video hingga resolusi VGA (640x480) 15fps. Terdapat beberapa fitur seperti white balance, my videos, microphone, effects, camera, exposure, self-timer, setting, grid, default, organise. Hasil perekaman video disimpan dalam format 3GP.




Music dan Video
Dalam menu musik, terdapat tiga sub menu yaitu my music, nokia music, dan radio. Anda dapat memutar file musik dengan format AAC, MP3, MP4, WAV, WMA. Koleksi lagu anda akan di kelompokkan berdasarkan semua lagu, playlist, penyanyi, album, genre, dan video (anda juga dapat memutar video disini). Keberadaan album art dapat mempercantik tampilan now playing. Ada juga pengaturan pengeluaran suara seperti equalizer dan juga pilihan seperti shuffle dan repeat. Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, anda dapat meminimize music player sehingga anda dapat melakukan kegiatan lain di ponsel anda.



Asha 302 juga diberikan akses mengunduh secara gratis berbagai lagu yang ada di Nokia Music Store, namun kami sarankan sebelum mengunduh, pastikan anda menggunakan koneksi WiFi agar tidak memotong pulsa anda


Asha 302 dapat memainkan konten video dengan format MP4, WMV, 3GP namun video tersebut harus beresolusi dibawah 720p.


Untuk kualitas speaker, Asha 302 memiliki speaker yang sangat bertenaga dan kencang, meskipun dalam kondisi volume maksimal keluaran suara terdengar agak pecah.

Radio FM
Untuk dapat menikmati fitur ini, anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu, karena headset tersebut berfungsi sebagai antena. Anda dapat melakukan pencarian secara manual atau otomatis. Terdapat juga pilihan standar seperti memainkan via headset atau loudspeaker serta kemapuan RDS.
karena nggak pernah dengerin radio, jadi gambarnya pinjam di blog temen hehehe


Games dan Aplikasi
Asha 302 menggunakan platform java untuk bidang aplikasi. Cukup banyak games dan aplikasi yang sudah terinstall, tapi disayangkan beberapa game ternama seperti Block Breaker, Diamond Twister, dan Fast Five the Movie hanya berupa versi trial saja, sehingga untuk dapat memainkan versi fullnya anda diharuskan membeli.

Berikut daftar games dan aplikasi yang sudah ada secara bawaan.
• Block Breaker 3 Unlimited (Trial)
• Bounce Tales
• Diamond Twister 2 (Trial)
• Fast Five The Movie Game (Trial)
• Gedda Heatz
• Sudoku
• Converter
• Life Tools
• Nokia Music
• Size Converter
• Social
• Store
• Tips and Offers
• Web Search
• WhatsApp
• World Clock

Konektivitas
Ponsel Asha 302 dapat berjalan dijaringan Quad Band GSM 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 MHz sehingga jika anda bepergian ke belahan dunia lain, ponsel ini dapat terus menemani anda. Terdapat pula konektivitas lokal seperti WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v 2.1, micro USB 2.0, USB On-the-Go 1.3. Untuk urusan kartu memori micro SD, ponsel ini mampu menampung hingga kapasitas 32GB.

Browser

Browser Asha 302 dapat membuka halaman WAP 2.0/xHTML, HTML. Browser ini hanya mendukung satu halaman saja. Kami mencoba membuka situs TeknoUp versi full, untuk pertama membuka setelah ponsel restart, halaman dapat dibuka seluruhnya walaupun terasa sedikit lag. Namun jika membuka untuk kedua kalinya hanya menampilkan halaman kosong. Untuk situs TeknoUp versi mobile dapat dibuka tanpa masalah. Untuk hasil skor tes HTML 5, browser ini mendapatkan poin sebesar 168 dan 4 bonus poin.



Baterai
Nokia Asha 302 menggunakan baterai jenis BL-5J berkapasitas 1430mAh. Dikatakan baterai ini dapat bertahan untuk berbicara 6 sampai 9 jam, 29 sampai 34 hari standby dan 50 jam untuk mendengarkan musik. Saat kami melakukan proses review kemampuan baterai sangat mumpuni dan dapat menemani anda beraktivitas beberapa hari dalam penggunaan normal. Tapi semuanya kembali dengan kondisi sinyal atau frekuensi penggunaannya.

Meskipun ponsel ini tergolong ponsel budget, tapi Nokia Asha 302 memiliki desain yang elegan bak bussiness man seperti pada desain ponsel Nokia E-series. Material yang digunakan juga baik tidak murahan terlebih dengan backdoor yang terbuat dari aluminium. Untuk bidang software juga terbilang baik meskipun mengunakan s40 yang tradisional tapi beberapa fitur terkini sudah dapat ditangani. Jadi jika anda sedang mencari ponsel budget yang terlihat mahal Nokia Asha 302 dapat menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk anda.

Kelebihan:
  • Desain elegan dan material yang baik
  • Kualitas layar tajam
  • Kemampuan Microsoft Exchange

Kekurangan:
  • Kinerja browser yang kurang baik
  • Walaupun berprosesor 1GHz namun untuk penanganan aplikasi cenderung lambat

Sebenarnya ada satu kelebihan dari Nokia ini yang belum sempat saya tampilkan, yaitu glow in the dark ketika ada sms masuk. Tujuannya hanya untuk sebagai notification, tapi itu cukup keren bagi saya sendiri :)
Perlu diketahui, saya membeli handphone ini Rp1.125.000, saat itu tanggal 14 Mei 2012. Dan juga, dikarenakan handphone yang sangat baru, jadi accessories-nya akan sangat sulit untuk dicari.

Well, demikian. Semoga bermanfaat ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar