Sabtu, 27 Oktober 2012

Resensi komik


Pertualangan Anak Anjing


Judul komik: Shibao
Pengarang: Tsubasa Nunoura
Penerjemah : Metta Kalyani
Penerbit : PT. Gramedia, Jakarta
Terbit: Mei 2003
Tebal: 174 halaman

          Hiduplah seekor anak anjing yang bernama Shibao. Anak anjing itu, Shibao, berkelana tanpa tujuan namun dia tetap terus berkelana sampai Sang Dewa bersabda,” Sudah Cukup!” . begitulah Shibao menurut komik. Anak anjing ini, Shibao, mempunyai banyak cerita tentang perjalanan ynag dia lalui. Setiap pertualangan memiliki kesan yang berbeda beda. Ada yang menyedihkan , menyentuh, membahagiakan, dan lain –lain. Contohnya pada pertualangan Naik kereta api.
          Pda pertualangan naik kereta api, Shibao mendapatkan sesuatu yang menarik setelah beberapa rintangan yang dia lalui. Ceritanya berawal saat Shibao mengikuti bau makanan dari makanan yang dibawa oleh karyawan yang akan berangkat naik kereta api. Disana dia harus berusaha untuk pindah kesana kemari agar tidak terinjak oleh kaki manusia dan barang – barangnya. Singkat cerita, Shibao sampai di stasiun dimana berada di daerah pantai. Shibao turun dan bermain – main dengan air di pantai dengan sangat gembira karena itu adalah pantai pertama kali dia kunjungi.
          Lalu pertualangan berlanjut dengan judul yang berbeda dan cerita yang berbeda namun tetapberkaitan yaitu pertualangan pada Besar dan Kuat. Pada pertualangan ini, Shibao bertemu dengan anak kucing yang kabur dari rumah. Mereka menjadi sahabat dan selalau bersama hingga pada suatu saat anak kucing tersebut bertemu dengan majikannya dan Shibao menyuruhnya untuk kembali. Sehingga anak kucing tersebut kembali ke majikannya.
          Komik ini juga menceritakan bagaimana Shibao berteman dengan arkeologis, menjaga sebuah tanaman yang tumbuh di musim yang salah, menepati janji manusia yang baru dia kenal dan masih banyak lagi. Dilengkapi gambar –gambar yang menarik membuat pembaca tidak bias berhenti membaca sebelum pertualangannya berakhir.
          Kelebihan dari buku ini adalah bahasanya sangat mudah dimengerti dan maksud dari tingkah laku yang dilakukan anjing tersebut setiap pertualangan dapat dipahami. Di setiap pertualangan  terdapat nasihat yang dapat kita contoh. Misalnya seperti sifat tidak mudah putus asa nya, kuat tekadnya, kesabarannya dan lain – lain.
          Kekurangan dari komik ini adalah banyak pertualangan yang tidak masuk akal. Contohnya seperti cerita pada saat anjing yang bisa masuk kereta api padahal penjagaannya sangat ketat dan tidak mungkin anjing dapat masuk, namun anjing tersebut dapat masuk. Komik ini bagus untuk kita beli karena segala pertualangannya sangat seru dan menarik untuk selalu kita baca. Sekian.

Penulis : Nur Alfi Syahrin
Kelas : XI IPA 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar